E-COMMERCE
Agung Priyadi Nugraha
(30111352)
BOGOR
| 2DBO1 MANAJEMEN INFORMATIKA
E-COMMERCE
Perdagangan
elektronik atau disebut juga dengan e-commerce adalah penyebaran, penjualan,
pengiklanan, pembelian barang melalui media elektronik seperti internet, televise,
dan lain-lainnya.
e-commerce
pertama kali diperkenalkan diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali
banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi pada halaman website. Perusahaan
yang terkenal dalam bidang ini contohnya seperti eBay, Amazon.com, dan PayPal.
*Perdagangan Melalui
jaringan elektronik
Perdagangan melalui
jaringan elektronik tidak lepas dari peran computer yang kita gunakan dalam
keperluan operasi perusahaan baik itu perusahaan jasa, manufaktur, dan
perusahaan lainnya. Lepas dari itu semua perdagangan elektronik pasti mempunyai
manfaat dan kendalanya sendiri, serta factor kunci suksesnya dan aplikasi yang
berhubungan dengan e-commerce yaitu sebagai berikut.
1.
Manfaat
perdagangan melalui jaringan elektronik :
-
Pelayanan
terhadap pelanggan yang lebih baik
-
Hubungan
yang lebih baik antar pemasok dan masyarakat
-
Pengembangan
investasi anatar pemegang saham dengan pemilik yang meningkat
2.
Kendala
perdagangan melalui jaringan elektronik :
-
Biaya
yang kadang terlalu tinggi
-
Penipuan
dengan mencuri identitas dan membohongi pelanggan
-
Hukum
yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce
3.
Faktor
kunci sukses dalam perdagangan melalui jaringan elektronik :
-
Menyediakan
harga kompetitif
-
Menyediakan jasa pembelian yang
tanggap, cepat, dan ramah
-
Menyediakan informasi barang dan
jasa yang lengkap dan jelas
-
Memberikan perhatian khusus
seperti usulan pembelian
-
Mempermudah kegiatan perdagangan
4. Aplikasi umum yang berhubungan dengan
perdagangan melalui jaringan elektronik :
-
E-mail dan Messaging
-
Content Management Systems
-
Dokumen, spreadsheet, database
-
Akunting dan sistem keuangan
-
Informasi pengiriman dan pemesanan
-
Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
-
Sistem pembayaran domestik dan internasional
-
Newsgroup
-
On-line Shopping
-
Conferencing
-
Online Banking/internet Banking
-
Product Digital/Non Digital
*Strategi Perdagangan
Melalui jaringan elektronik
Strategi perdangan melalui jaringan elektronik tercipa karena adanya
elemen intelejen bisnis. Strategi yang tersedia ini terdapat system antar
organisasi atau IOS dan pertukaran data elektronik atau EDI.
1.
Sistem
antar organisasi (IOS)
Merupakan perusahaan-perusahaan yang
saling bekerjasama yang menjadi satu-kesatuan yang mempunyai tujuan tertentu.
Perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.
a. Manfaat IOS :
-
Efisiensi
Komparatif :
Dengan
bekerjasamanya dalam IOS para mitra dagang ataupun mitra bisnis dapat
memberikan barang dan jasa dengan biaya murah dibandingkan pesaingnya.
-
Kekuatan
tawar-menawar :
Merupakan
suatu kemampuan perusahaan dalam kegiatan tawar-menawar yang mendapatkan
penurunan harga, dan peningkatan biaya peralihan.
2.
Pertukaran
data elektronik (EDI)
Merupakan transmisi data dalam bentuk
data tersrtuktur dan dapat dibaca oleh mesin secara langsung dari satu computer
ke computer lain dalam beberapa perusahaan.
a. Hubungan EDI secara umum
Dimana
perusahaan mempunyai hubungannya masing-masing seperti perusahaan dengan
pemasok dan perusahaan dengan pelanggan.
b. Standar EDI
Standar
Internasional dinamakan EDIFACT.
c. Tingkat Penerapan EDI
-
Pemakai
tingkat satu :
Hanya satu
atau dua set transaksi yang meneruskan atau mengirimkan pesan atau barang
perusahaan kesejumlah mitra dagang yang terbatas.
-
Pemakai
tingkat dua :
Banyak
set transaksi yang meneruskan atau mengirimkan pesan atau barang perusahaan
kesejumlah mitra dagang melampaui kapasitas industry. Tingkat satu dan tingkat
dua mempunyai tujuan untuk mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
-
Pemakai
tingkat tiga :
Sama seperti
tingkat dua namun aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan
EDI.
d. Manfaat EDI
Manfaat ini
terbagi menjadi dua yaitu manfat langsung yang berasal dari teknologi, dan
manfaat tidak langsung merupakan manfaat lain yang berasal dari manfaat
langsung. Dimana kedua manfaat ini mempunyai hubungan untuk mengurangi
kesalahan, mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan
hubungan dengan mitra dagang, dan meningkatkan pelayanan pelanggan.
*Teknologi Perdagangan
Melalui jaringan elektronik
Teknolgi perdagangan melalui jaringan elektronik dibagi
menjadi 3 bagian, yaitu sebagai berikut:
1.
Sambungan
langsung :
Dimana perusahaan dapat
membentuk jaringan komunikasi data
dengan para mitra dagangnya dengan bekerja sama dengan penyedia jasa
telekomunikasi.
2.
Jaringan
bernilai tambah :
Dimana penjual bukan hanya menyediakan
sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan
sirkuit itu bagi EDI.
3.
Internet
:
Memungkinkan suatu jaringan
komunikasi yang luas atau global yang tidak hanya menghubungkan para mitra
dagang tetapi juga mencakup para pelangganya.
Kesimpulan :
Dapat disimpulkan bahwa e-commerce
atau elektronik adalah penyebaran, penjualan, pengiklanan, pembelian barang melalui
media elektronik seperti internet, televise, dan lain-lainnya. Dan perusahaan
yang terkenal dalam bidang ini contohnya seperti eBay, Amazon.com, dan PayPal.
Dalam perdagangan melalui jaringan
elektronik terdapat manfaat, kendala, kunci sukses, serta aplikasi umumnya.
Dalam strategi perdagangan melalui
jaringan elektronik ini terdapat system antar organisasi atau IOS yang
mempunyai manfaat dilihat dari efisiensi komparatif dan kekuatan tawar-menawar,
dan pertukaran data elektronik atau EDI terdiri dari hubungan EDI secara umum,
standar EDI, tingkatan penerapan EDI yang terdiri dari pemakai tingkat satu,
tingkat dua, tingkat tiga, serta mempunyai manfaatnya.
Dan dalam strategi perdagangan
melalui jaringan elektronik mempunyai tiga bagian yaitu sambungan langsung,
jaringan berniai tambah, dan internet.
Referensi :
betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/
0 komentar:
Posting Komentar